Contoh Surat Penugasan Audit


SURAT PENUGASAN AUDIT


Yogyakarta, 09 November 2019
No: 010/1/KA/2019                                                                                
Hal: Audit Proposal

Kepada Yth,
PT. Arista Group
Jl. Raya Kalimalang No.19
Kota Jakarta Timur
DKI Jakarta

Dengan Hormat,
         Saudara telah meminta kami untuk mengaudit laporan posisi keuangan (neraca) PT. Arista Group tanggal 31 Desember 2019 dan laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2019. Surat ini menegaskan penerimaan kami dan pemahaman kami atas penugasan ini. Audit kami akan kami laksanakan dengan tujuan menyatakan pendapat kami atas laporan keuangan tersebut.
          Kami akan melaksanakan audit beradasarkan standar auditing yang ditetapkan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksankan audit agar memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan, atas dasar pengujian, bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuanagan. Audit juga akan meliputi penyajian atas standar akuntansi yang digunakan dan estimasi signifikan yang dibuat oleh manajemen, serta penilaian atas penyajian laporan keuangan secara keseluruhan sesuai ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang dikeluarkan oleh Institut Akuntansi Publik Indonesia. Pendapat kami atas laporan keuangan tersebut adalah tergantung dari hasil penetapan prosedur-prosedur audit yang akan kami laksanakan, oleh karena itu kami tidak memberikan jaminan bahwa kami dapat memberikan pendapat wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan tersebut di atas.
          Sebagai bagian dari prosedur audit, kami akan melakukan permintaan keterangan dari manajemen mengenai pernyataan manjemen yang disajikan dalam laporan keuangan. Kami juga akan meminta pernyataan tertulis dari manajemen yang menjelaskan bahwa penyajian laporan keuangan adalah tanggung jawab manajemen dan penegasan tertulis lainnya untuk mengkonfirmasi beberapa penryataan yang dibuat oleh manajemen kepada kami selama proses audit kami. Tangaapan manjemen atas permintaan keterangan kami dan memproleh pernyataan tertulis dari manjemen diwajibkan oleh standar auditing sebagai bagian dari bukti audit yang kami andalakna sebagai dasar dalam memberikan pendapat atas laporan keuangan. Karena pentingnya surat pernyataan manajemen tersebut. PT. Arista Group setuju untuk membebaskan dan mengganti rugi kepada KAP Jaya dan rekan beserta staffnya atas segala tuntunan, kewajiban, dan biaya-biaya yang akan dikeluarkan sebagai akibat dari kesalah pernyataan manajemen berkaitan dengan jasa audit yang kami berikan sesuai dengan penugasan ini.
          Audit kami mengandung risiko bawaan bahwa bila terdapat kekeliruan dan ketidakberesan material, termasuk kecurangan atau pemalsuan, mungkin tidak akan terdeteksi. Namun, bila kami menemukan adanya hal-hal tersebut dalam audit kami, informasi tersebut akan kami sampaikan kepada Anda.
          Sebagai tambahan laporan audit kami atas laporan keuangan, kami akan menyampaikan surat terpisah tentang kelemahan signifikan pengendalian intern yang kami temukan dalam audit yang kami lakukan.
          Kami mengingatkan anda bahwa tanggung jawab atas penyusunan laporan keuangan termasuk pengungkapan memadai merupakan tanggung jawab manjemen. Tangungg hawab ini mencakup pula penyelenggaraan akuntansi dan pengendalian intern memadai, pemilihan dan penerapan kebijakan akuntansi dan penjagaan keamanan aset perusahaan. Sebagai bagian dari proses audit, kami akan meminta penegasan tertulis dari anda tentang representasi yang anda buat untuk kami dalam rangka audit yang kami laksanakan.
          Kami mengharapkan kerjasama penuh dari staf anda dan kami yakin bahwa mereka akan menyediakan catatan dokumentasi dan informasi lain yang kami perlukan dalam rangka audit kami.
          Audit fee untuk tugas-tugas tersebut di atas, kami ajukan sebesar Rp300.000.000,00 (Tiga Ratus Juta Rupiah) belum termasuk PPN 10%.
          Audit fee tersebut kami hitung berdasarkan waktu yang diperlukan oleh staf yang kami tugas untuk melaksanakan audit ini dari tarif per jam staff yang kami tugasi, yang bervariasi sesuai dengan tingkat tanggung jawab yang dipikul dan pengalaman serta keahlian yang diperlukan. Jumlah tersebut akan kami tagih sesuai dengan kemajuan pekerjaan yang akan kami tagih sebagai berikut:
  • 50% pada saat audit proposal ini disetujui
  • 30% pada saat draft audit report diserahkan
  • 20% pada saat final audit report diserahkan
Biaya Out off Pocket Expenses (OPE), jika ada akan menjadi beban PT. Arista Group.
Sesuai dengan peraturan yang berlaku perusahaan diharuskan memotong pajak penghasilan pasal 23 sebesar 2% dari honorarium kami, utnuk disetorkan ke kas Negara, sebagai pembayaran pajak dimuka bagi kantor kami. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kami adalah 02.052.101.1.069.000 (Pers. KAP. JAYA dan rekan).
Silahkan menandatangani dan mengembalikan copy surat penugasan audit terlampir yang merupakan kesepakatan anda atas pengaturan tentang audit atas laporan keuangan tersebut di atas. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan kepada kami untuk meyediakan audit bagi anda.



                 Disetujui Oleh:                                                                                 Kantor Akuntan Publik



  PT. Arista Group                                                                                   Sanniyah Putri
                                                                                                                  Akuntan Reg. Neg. D. 100318

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Auditing?

Auditing vs Laporan Keuangan